LAPORAN PRAKTIKUM WAIS
Disusun Oleh :
Lintar Fridyan S
F.131.12.0048
Asisten : Ayu Wulandari
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS SEMARANG
JUNI 2014
I.
IDENTITAS
SUBYEK
Nama :
Aqsol Amri
Jenis Kelamin :
Laki-laki
Tempat/Tgl Lahir : Semarang, 12 April 1993
Status Marital :
Belum Menikah
Urutan Kelahiran : Pertama
Pendidikan :
Pelajar / Mahasiswa
Suku :
Jawa
Agama :
Islam
Tanggal Tes : 22 Juni 2014
Tester :
Lintar Fridyan
II.
LATAR
BELAKANG SUBYEK
Aqsol
Amri yang biasanya dipanggil teman-teman denganAqsol adalah Laki-laki berusia
21 tahun yang hobi Sepak Bola,dia juga memiliki tim favorit yang berasal dari
Negara luar yaitu manchaster United. Aqsol
merupakan anak ke 1 dari 2 bersaudara, jadi dia hanya mempunyai 1 orang Adik
perempuan yang sekarang berusia 17 tahun. Yang saat ini masih berstatus pelajar
/ SMA mereka masih tinggal dalam satu rumah tepatnya di JL.Wonomulyo mukti
barat 5 no 222.hubungan di rumah lebih dekat terhadap adik perempuanya karna
lebih sering bertemu.
Kedua orang tua
Aqsol bekerja sebagai wiraswasta dan ibunya bekerja sebagai seorang guru di
sekolah dasar walaupun kedua orang tuanya bekerja dan mungkin waktu untuk
berkumpul lebih sedikit namun aqsol sanggat memaklumi nya dan bangga karna
kerja keras ayah dan ibunya sehingga dapat membiayai kebutuhan rumah dan
pendidikan Aqsol dan Adiknya.di dalam bermasyarakat pun aqsol senang sekali
berinteraksi hampir semua warga dan teman sebaya mengenalnya baik, kegiatan
sehari-hari yang dilakukan aqsol adalah membantu ayahnya dan sore harinya kuliah.
III.
LATAR
BELAKANG
Beberapa subtes yang telah dilalui
oleh testee antara lain adalah :
A. Aspek Verbal
1.
Informasi
Subtes Informasi terdiri dari 29
soal, aspek yang dapat diukur dalam subtes informasi ini adalah bagaimana
subjek menangkap instruksi. Secara seksama mengikuti perintah dalam persoalan
umum, dan kecepatan dalam menyebutkan jawaban, sedangkan aspek kepribadian yang
mempengaruhi anatar lain keinginan berprestasi, rasa ingin tahu, minat, dan
budaya. Soal-soal dalam subtes ini yang bisa dijawab dengan
benar angka kasar 9 dan angka skala 7.
2.
Pengertian
Pada subtes
pengertian terdiri dari 14 soal, subtes ini mengungkap beberapa hal dari segi
umum yaitu yaitu mengukur akal sehat
(common sense). Dan segi spesifik adalah penilaian terhadap situasi sosial,
sedangkan aspek kepribadian yang mempengaruhi adalah stabilitas emosi yang
diperoleh dengan cara subyek menjawab pertanyaan. Soal-soal
dalam subtes ini subyek yang
bisa dijawab dengan benar angka kasar 16 dan angka skala 9.
3.
Hitungan
Subtes hitungan terdiri dari 14
soal, subtes ini mengukur kemampuan umum antara lain kemampuan menangkap instruksi secara komprehensif,
kemampuan mengikuti perintah dalam persoalan, kemampuan memberikan jawaban
atas persoalan. Selain itu
subtes ini juga mengukur kemampuan spesifik subjek yang berupa kemampuan konsentrasi,
daya ingat, daya nalar dan motivasi, sedangkan aspek kepribadiannya berupa
minat pekerjaan, keyakinan
memecahkan masalah, ketrampilan berhitung dan pengetahuan tentang berhitung. Soal-soal
subtes hitungan dapat dijawab oleh subyek dengan benar dengan angka kasar 7 dan
angka skala 7.
4.
Persamaan
Subtes persamaan terdiri dari 13
soal, subtes persamaan mengungkap kemampuan umum individu
dalam hal mengelola persamaan dari dua hal yaitu, kemampuan spesifiknya
mengukur tingkat kemampuan berfikir abstraksi (konkrit, fungsional, abstrak)
sedangkan aspek kepribadian yang mempengaruhi adalah karakter individu
mempengaruhi cara individu menelaah persoalan. Soal-soal yang dapat dijawab
dengan benar angka kasar 10 dan angka kasar 8
5.
Rentan Angka
Subtes
rentangan angka mengukur kemampuan individu yang berupa kemampuan memberikan
jawaban secara verbal, dan kemampuan
spesifik yang berupa bagaimana individu menggali atensi dan ingat jangka
pendek. Sedangkan aspek kepribadian yang mempengaruhi adalah atensi dan
kecemasan individu, dimana aspek ini dapat kita lihat dengan jelas dari cara
individu mengemukakan jawabannya. Jumlah nilai yang didapat subyek dalam
menjawab soal-soal subtes rentangan angka adalah angka kasar 10 dan angka skala
9
6.
Perbendaharaan Kata
Subyek
perbendaharaan kata berjumlah 40 soal, subtes ini mengungkap kemampuan umum
individu dalam menangkap instruksi serta kemampuan memberikan jawaban secara
verbal. Dan kemampuan fisik yang diukur berupa kemampuan belajar dalam
memanfaatkan pengetahuan tentang kata, luasnya pembendaharaan kata, daya ingat,
konsep informasi, dan kemampuan mendeskripsikan kata-kata dalam susunan
kalimat. Sedangkan aspek kepribadian yang mempengaruhi adalah pengalaman pada
periode anak, pendidikan dirumah dan sekolah. Subtes perbendaharaan kata yang
dapat dijawab subyek dengan benar angka kasar 61 dan angka skala 13.
B.
Aspek
Performance
1.
Simbol Angka
Subtes simbol
angka mengungkap secara umum kemampuan menangkap instruksi dan kecermatan dalam
menangkap data. Kemampuan menangkap instruksi dan kecermatan dalam menangkap
data. Kemampuan spesifik berupa kemampuan mempelajari persoalan yang tidak
umum, visual motor dexterity, tingkat atau derajat ketelitian dan kecepatan bekerja
sedangkan aspek kepribadiannya berupa pengalaman melaksanakan tugas dengan
bantuan pinsil. Subtes simbol angka yang dapat dijawab subyek dengan benar
yakni dengan jumlah nilai angka kasar 16,5 dan angka skala 3.
2.
Melengkapi gambar
Subtes
melengkapi gambar berjumlah 21 soal, subtes ini mengungkap kemampuan umum
individu yang berupa kemampuan menghargai adanya ketidaksempurnaan dan
kemampuan menentukan hal yang tidak tampak. Dan kemampuan spesifik yang berupa
kemampuan membedakan hal-hal yang esensial dari hal yang tidak esensial secara
rinci, kemampuan konsentrasi, reasoning dalam visual alartness, visual
organization dan visual memory. Aspek kepribadian yang mempengaruhi adalah masa
anak seperti persepsi, kognisi, judgement, dan menangguhkan impuls serta
pengalaman melakukan kontak dengan lingkugan. Jumlah nilai yang diterima subyek
dalam subtes ini adalah angka kasar 14 dan angka skala 10
3.
Rancangan Balok
Subtes
rancangan balok ini mengungkapkan kemampuan umum individu yang berupa kemampuan
mengamati dan menangkap tanda-tanda secara cermat, dan kemampuan spesifik
berupa daya nalar, kemampuan analisa spatial relationship, kemampuan integrasi
fungsi visual dan motorik, non verbal concept formation dan abstract thingking.
Sedangkan aspek kepribadian yang mempengaruhi adalah keinginan untuk
berprestasi dan kemampuan membedakan. Jumlah nilai yang diperoleh subyek dalam
subtes rancangan balok ini adalah angka kasar 43 dan angka skala 13
4.
Mengatur Gambar
Subtes mengatur
gambar mengungkap kemampuan umum individu berupa kemampuan mengamati persoalan
secara menyeluruh dan kecermatan dalam menangkap isi dari permasalahan, dan
kemampuan spesifiknya adalah kemampuan erencanakan yang mengacu pada hubungan
sebab akibat, logika berfikir dalam rangkaian peristiwa, kemampuan nonverbal
reasoning, kemampuan menginterpretasikan ketepatan situasi sosial. Sedangkan
aspek kepribadian yang mempengaruhi adalah kepekaan sosial dan kepekaan akan
interpersonal content. Jumlah nilai yang peroleh subyek dalam subtes ini adalah
angka kasar 26 dan angka skala 11
5.
Merakit Objek
Subtes merakit
objek mengungkap kemampuan umum berupa bagaimana individu menangkap bagian
secara cermat dan teliti, dan kemampuan spesifik yang berupa kemampuan
mengamati part-whole relationship, dan kemampuan perceptual organization serta
ketrampilan mengkoordinasi antara analisa visual dengan kemampuan konstruktif
dalam menggabungkan bagian. Sedangkan aspek kepribadian yang mempengaruhi
adalah keinginan untuk produktif. Dalam subtes merakit gambar ini subyek
memperoleh nilai angka kasar 37 dan angka skala 12.
Dari data yang diperoleh dari tes inteligensi (WAIS),
subyek memiliki Intellegensi Quotient (IQ) 99. Hal ini menyatakan bahwa subyek
berada pada taraf Average (rata-rata). Dapat dilihat dari kemampuan subyek
dalam tes angka verbal memiliki IQ 98 (Average/rata-rata), dan kemampuan subyek
dalam tes angka performance memiliki IQ 100 (Average/rata-rata)
IV.
OBSERVASI
-
Pada saat awal praktikum, subyek
terlihat semangat dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.
-
Subtes pengertian subyek terlihat sedikit berfikir dan
terlihat sedikit cemas mengutarakan jawabannya
-
Pada saat subtes hitungan, subyek
berkonsentrasi penuh hampir
semua pertanyaan di jawabnya namun pada akhir pertanyaan subyek terlihat mulai
sedikit lelah dan menjawab asal-asalan
-
Subtes rentangan angka,subyek terlihat berkonsentrasi pada angka yang di
sebutkan oleh tester dan terlihat sangat berhati-hati saat mengulang kembali
angka yang di sebutkan oleh tester
-
Subyek mulai terlihat sedikit bosan saat menjawab subtes
perbendaharaan kata
-
Pada
subtes symbol angka subyek terlihat sedikit tertantang walau pun sedikit
mengeluh karna harus mengerjakan dalam waktu tertentu (di batasi)
-
Pada
subtes melengkapi gambar subyek terlihat sudah tidak nyaman untuk menjawab dan hanya
menjawab beberapa gambar lalu mengabaikan gambar-gambar pada tahap selanjutnya
-
Subtes rancangan balok, subyek kembali
semangat menyusun beberapa rancangan balok dan merasa sedikit tertantang untuk menyusun balok tersebut
dengan tahap yang semakin lama semakin rumit
-
Pada
subtes mengatur gambar subyek terlihat berkonsentrasi namun sedikit bercanda
saat memindah gambar yang akan di susun sesuai urutan
-
Pada
subtes merakit obyek, subyek lebih cenderung menebaknya sebelum merakitnya dan
mengalami 2 kesalahan dalam persepsinya.
No comments:
Post a Comment