EbPaidRev

Wednesday, 6 April 2016

LAPORAN PRAKTIKUM WAIS



LAPORAN PRAKTIKUM WAIS


Disusun Oleh :
Lintar Fridyan S
F.131.12.0048
Asisten : Ayu Wulandari

FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS SEMARANG
JUNI 2014


I.      IDENTITAS SUBYEK
Nama                                 : Aqsol Amri
Jenis Kelamin                    : Laki-laki
Tempat/Tgl Lahir              : Semarang, 12 April 1993
Status Marital                    : Belum Menikah
Urutan Kelahiran              : Pertama
Pendidikan                        : Pelajar / Mahasiswa
Suku                                  : Jawa
Agama                               : Islam
Tanggal Tes                       : 22 Juni 2014
Tester                                : Lintar Fridyan




II.   LATAR BELAKANG SUBYEK
Aqsol Amri yang biasanya dipanggil teman-teman denganAqsol adalah Laki-laki berusia 21 tahun yang hobi Sepak Bola,dia juga memiliki tim favorit yang berasal dari Negara luar yaitu manchaster United. Aqsol  merupakan anak ke 1 dari 2 bersaudara, jadi dia hanya mempunyai 1 orang Adik perempuan yang sekarang berusia 17 tahun. Yang saat ini masih berstatus pelajar / SMA mereka masih tinggal dalam satu rumah tepatnya di JL.Wonomulyo mukti barat 5 no 222.hubungan di rumah lebih dekat terhadap adik perempuanya karna lebih sering bertemu.
Kedua orang tua Aqsol bekerja sebagai wiraswasta dan ibunya bekerja sebagai seorang guru di sekolah dasar walaupun kedua orang tuanya bekerja dan mungkin waktu untuk berkumpul lebih sedikit namun aqsol sanggat memaklumi nya dan bangga karna kerja keras ayah dan ibunya sehingga dapat membiayai kebutuhan rumah dan pendidikan Aqsol dan Adiknya.di dalam bermasyarakat pun aqsol senang sekali berinteraksi hampir semua warga dan teman sebaya mengenalnya baik, kegiatan sehari-hari yang dilakukan aqsol adalah membantu ayahnya dan sore harinya kuliah.







III.           LATAR BELAKANG
Beberapa subtes yang telah dilalui oleh testee antara lain adalah :
A.    Aspek Verbal
1.      Informasi
Subtes Informasi terdiri dari 29 soal, aspek yang dapat diukur dalam subtes informasi ini adalah bagaimana subjek menangkap instruksi. Secara seksama mengikuti perintah dalam persoalan umum, dan kecepatan dalam menyebutkan jawaban, sedangkan aspek kepribadian yang mempengaruhi anatar lain keinginan berprestasi, rasa ingin tahu, minat, dan budaya. Soal-soal dalam subtes ini yang bisa dijawab dengan benar angka kasar 9 dan angka skala 7.
2.      Pengertian
Pada subtes pengertian terdiri dari 14 soal, subtes ini mengungkap beberapa hal dari segi umum yaitu  yaitu mengukur akal sehat (common sense). Dan segi spesifik adalah penilaian terhadap situasi sosial, sedangkan aspek kepribadian yang mempengaruhi adalah stabilitas emosi yang diperoleh dengan cara subyek menjawab pertanyaan. Soal-soal dalam subtes ini subyek yang bisa dijawab dengan benar angka kasar 16 dan angka skala 9.
3.    Hitungan
Subtes hitungan terdiri dari 14 soal, subtes ini mengukur kemampuan umum antara lain kemampuan menangkap instruksi secara komprehensif, kemampuan mengikuti perintah dalam persoalan, kemampuan memberikan jawaban atas persoalan. Selain itu subtes ini juga mengukur kemampuan spesifik subjek yang berupa kemampuan konsentrasi, daya ingat, daya nalar dan motivasi, sedangkan aspek kepribadiannya berupa minat pekerjaan, keyakinan memecahkan masalah, ketrampilan berhitung dan pengetahuan tentang berhitung. Soal-soal subtes hitungan dapat dijawab oleh subyek dengan benar dengan angka kasar 7 dan angka skala 7.
4.  Persamaan
Subtes persamaan terdiri dari 13 soal, subtes persamaan mengungkap kemampuan umum individu dalam hal mengelola persamaan dari dua hal yaitu, kemampuan spesifiknya mengukur tingkat kemampuan berfikir abstraksi (konkrit, fungsional, abstrak) sedangkan aspek kepribadian yang mempengaruhi adalah karakter individu mempengaruhi cara individu menelaah persoalan. Soal-soal yang dapat dijawab dengan benar angka kasar 10 dan angka kasar 8
5.    Rentan Angka
Subtes rentangan angka mengukur kemampuan individu yang berupa kemampuan memberikan jawaban secara verbal, dan  kemampuan spesifik yang berupa bagaimana individu menggali atensi dan ingat jangka pendek. Sedangkan aspek kepribadian yang mempengaruhi adalah atensi dan kecemasan individu, dimana aspek ini dapat kita lihat dengan jelas dari cara individu mengemukakan jawabannya. Jumlah nilai yang didapat subyek dalam menjawab soal-soal subtes rentangan angka adalah angka kasar 10 dan angka skala 9
6.    Perbendaharaan Kata
Subyek perbendaharaan kata berjumlah 40 soal, subtes ini mengungkap kemampuan umum individu dalam menangkap instruksi serta kemampuan memberikan jawaban secara verbal. Dan kemampuan fisik yang diukur berupa kemampuan belajar dalam memanfaatkan pengetahuan tentang kata, luasnya pembendaharaan kata, daya ingat, konsep informasi, dan kemampuan mendeskripsikan kata-kata dalam susunan kalimat. Sedangkan aspek kepribadian yang mempengaruhi adalah pengalaman pada periode anak, pendidikan dirumah dan sekolah. Subtes perbendaharaan kata yang dapat dijawab subyek dengan benar angka kasar 61 dan angka skala 13.
B.   Aspek Performance
1.    Simbol Angka
Subtes simbol angka mengungkap secara umum kemampuan menangkap instruksi dan kecermatan dalam menangkap data. Kemampuan menangkap instruksi dan kecermatan dalam menangkap data. Kemampuan spesifik berupa kemampuan mempelajari persoalan yang tidak umum, visual motor dexterity, tingkat atau derajat ketelitian dan kecepatan bekerja sedangkan aspek kepribadiannya berupa pengalaman melaksanakan tugas dengan bantuan pinsil. Subtes simbol angka yang dapat dijawab subyek dengan benar yakni dengan jumlah nilai angka kasar 16,5 dan angka skala 3.
2.    Melengkapi gambar
Subtes melengkapi gambar berjumlah 21 soal, subtes ini mengungkap kemampuan umum individu yang berupa kemampuan menghargai adanya ketidaksempurnaan dan kemampuan menentukan hal yang tidak tampak. Dan kemampuan spesifik yang berupa kemampuan membedakan hal-hal yang esensial dari hal yang tidak esensial secara rinci, kemampuan konsentrasi, reasoning dalam visual alartness, visual organization dan visual memory. Aspek kepribadian yang mempengaruhi adalah masa anak seperti persepsi, kognisi, judgement, dan menangguhkan impuls serta pengalaman melakukan kontak dengan lingkugan. Jumlah nilai yang diterima subyek dalam subtes ini adalah angka kasar 14 dan angka skala 10
3.    Rancangan Balok
Subtes rancangan balok ini mengungkapkan kemampuan umum individu yang berupa kemampuan mengamati dan menangkap tanda-tanda secara cermat, dan kemampuan spesifik berupa daya nalar, kemampuan analisa spatial relationship, kemampuan integrasi fungsi visual dan motorik, non verbal concept formation dan abstract thingking. Sedangkan aspek kepribadian yang mempengaruhi adalah keinginan untuk berprestasi dan kemampuan membedakan. Jumlah nilai yang diperoleh subyek dalam subtes rancangan balok ini adalah angka kasar 43 dan angka skala 13
4.      Mengatur Gambar
Subtes mengatur gambar mengungkap kemampuan umum individu berupa kemampuan mengamati persoalan secara menyeluruh dan kecermatan dalam menangkap isi dari permasalahan, dan kemampuan spesifiknya adalah kemampuan erencanakan yang mengacu pada hubungan sebab akibat, logika berfikir dalam rangkaian peristiwa, kemampuan nonverbal reasoning, kemampuan menginterpretasikan ketepatan situasi sosial. Sedangkan aspek kepribadian yang mempengaruhi adalah kepekaan sosial dan kepekaan akan interpersonal content. Jumlah nilai yang peroleh subyek dalam subtes ini adalah angka kasar 26 dan angka skala 11
5.      Merakit Objek
Subtes merakit objek mengungkap kemampuan umum berupa bagaimana individu menangkap bagian secara cermat dan teliti, dan kemampuan spesifik yang berupa kemampuan mengamati part-whole relationship, dan kemampuan perceptual organization serta ketrampilan mengkoordinasi antara analisa visual dengan kemampuan konstruktif dalam menggabungkan bagian. Sedangkan aspek kepribadian yang mempengaruhi adalah keinginan untuk produktif. Dalam subtes merakit gambar ini subyek memperoleh nilai angka kasar 37 dan angka skala 12.
Dari data yang diperoleh dari tes inteligensi (WAIS), subyek memiliki Intellegensi Quotient (IQ) 99. Hal ini menyatakan bahwa subyek berada pada taraf Average (rata-rata). Dapat dilihat dari kemampuan subyek dalam tes angka verbal memiliki IQ 98 (Average/rata-rata), dan kemampuan subyek dalam tes angka performance memiliki IQ 100 (Average/rata-rata)







IV.             OBSERVASI
-          Pada saat awal praktikum, subyek terlihat semangat dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.
-          Subtes pengertian subyek terlihat sedikit berfikir dan terlihat sedikit cemas mengutarakan jawabannya
-          Pada saat subtes hitungan, subyek berkonsentrasi penuh hampir semua pertanyaan di jawabnya namun pada akhir pertanyaan subyek terlihat mulai sedikit lelah dan menjawab asal-asalan
-          Subtes rentangan angka,subyek terlihat berkonsentrasi pada angka yang di sebutkan oleh tester dan terlihat sangat berhati-hati saat mengulang kembali angka yang di sebutkan oleh tester
-          Subyek mulai terlihat sedikit bosan saat menjawab subtes perbendaharaan kata
-          Pada subtes symbol angka subyek terlihat sedikit tertantang walau pun sedikit mengeluh karna harus mengerjakan dalam waktu tertentu (di batasi)
-          Pada subtes melengkapi gambar subyek terlihat sudah tidak nyaman untuk menjawab dan hanya menjawab beberapa gambar lalu mengabaikan gambar-gambar pada tahap selanjutnya
-          Subtes rancangan balok, subyek kembali semangat menyusun beberapa rancangan balok dan merasa sedikit tertantang untuk menyusun balok tersebut dengan tahap yang semakin lama semakin rumit
-          Pada subtes mengatur gambar subyek terlihat berkonsentrasi namun sedikit bercanda saat memindah gambar yang akan di susun sesuai urutan
-          Pada subtes merakit obyek, subyek lebih cenderung menebaknya sebelum merakitnya dan mengalami 2 kesalahan dalam persepsinya.

No comments:

Post a Comment